Apa Itu Google Plus (Google+)

Thursday, 14 July 2011
Apa Itu Google Plus (Google+)

 

Seperti yang kita ketahui bersama, akhir – akhir ini Google Plus (mulai sekarang dan seterusnya akan saya tulis Google+) booming di dunia maya. Melalui tulisan ini, saya ingin mencoba mengangkat apa itu Google +.

 

Google+ adalah sebuah jejaring sosial baru yang tentu saja dikeluarkan oleh raksasa internet Google. Banyak orang bilang bahwa Google+ adalah saingan dari jejaring sosial sebelumnya (facebook). Engineer Senior Google, Vic Gundotra kepada Bangkok Post berkata: “Kami (google) ingin memperbaiki pengalaman berbagi di internet sebelumnya.”

Jadi, apakah Google+ adalah saingan atau bukan dari facebook saya tidak akan membahasnya disini. Disini saya akan membahas apa saja yang ada di dalam google + (menurut saya pribadi)

Dalam Google + dikenal istilah circle (lingkaran), Circle di dalam google + adalah pemisahan atau pengelompokan masing masing teman yang sudah kita punya di dalam Google +. Jadi misalkan teman “SMA” saya bernama “A” dan “B” saya masukkan ke circle yang bernama “SMA” kemudian teman kantor saya bernama “C” saya masukkan ke circle yang bernama “KANTOR” dan begitu seterusnya.

 

 

Sama seperti jejaring sosial sebelumnya, kita juga dapat melakukan share foto kepada teman – teman kita di dalam circle ataupun untuk umum. Kegunaan circle sangat berasa disini, kita tidak sembarangan untuk membagikan foto kita kepada orang yang tidak berkepentingan, jadi agak lebih eksklusif.

 

 

 

Begitu juga dengan status yang akan kita buat. Kalau tidak salah di Google+, kita bisa membuat status dan kita dapat memilih circle siapa saja yang bisa melihat status kita bahkan kita dapat memilih tiap tiap individu. Jika kita ingin membagikan status kita kepada circle, kita tinggal mengklik pada tempat yang ada. Bila ingin membagikan kepada individu, kita tinggal mengetik nama dan otomatis akan keluar list nama yang kita mau.

 

Begitu juga jika ingin membagikan video ataupun link. Sama seperti foto dan status yang telah saya sebutkan diatas.

 

 

Di dalam versi mobile, ada namanya huddle. Huddle itu seperti blackberry group pada blackberry. Anda dapat melihat apakah handphone anda sudah bisa untuk mengakses applikasi Google+ dengan mengklik tulisan ini. Kebetulan saya memakai Android jadinya yang saya tahu hanyalah Android. 

 

 

 

Kelebihan Google+ dibandingkan dengan jejaring sosial lainnya adalah adanya fitur hangout. Kita dapat melakukan teleconfrence dengan teman kita di dalam satu circle ataupun beberapa individu (sama seperti status yang telah saya sebutkan diatas). Saya menggunakan Google Chrome dalam membuka Google+. Ketika kita membuka hangout, pop-up akan muncul yang meminta kita untuk install plug-in (perhatikan spesifikasi komputer Anda, apakah sudah cukup mumpuni atau belum).

 

 

Notifikasi dalam Google+ terdapat pada sebelah kanan atas. Jadi kalau masih pada kebingunan bisa langsung melihat kotak berwarna merah yang biasanya ada di kanan atas.

 

Saya kurang tahu apakah setiap orang yang mempunyai account Google sudah bisa mengakses Google+ atau belum, tadi sempet saya coba untuk masuk menggunakan account G-Mail saya yang lain tetapi tidak bisa. Jika ada yang ingin di-undang bisa mention saya di twitter @boma13.

 

Di dalam Google+ kita juga bisa memperpendek alamat url kita sesuai dengan nickname yang kita hendaki. Saya ambil contoh alamat url Google+ saya di https://plus.google.com/112232005795327726094/posts . Alamat url tersebut saya dapat memperpendek menjadi http://gplus.to/hendriksetiawan 

Jika Anda tertarik, silahkan mengunjungi website http://www.gplus.to/ . Semoga nickname yang ingin Anda gunakan belum digunakan oleh orang lain. 

Sekian pembahasan saya tentang Google+, jika masih kurang jelas bisa mention saya di twitter @boma13 atau add g-talk saya di hendrik.setiawan@gmail.com dan terakhir tolong buletin (circle) saya yah J

 

Semoga pembahasan saya mengenai Google+ dapat memberi pencerahan bagi yang masih bingung. 

—-

Hendrik Setiawan

 

Post your comment

  • Name*
  • Email*
  • Message*
  •  
  •  

List of comment

  • azzaral

    Apr 17th

    Benar mas, google plus juga sangat membantu dalam meningkatkan visitor ke web kita. :)

    www.azzaralbatik.com

  • Toko Batik

    Apr 17th

    Untuk efek circle terhadap SEO kira kira bagaimana ya mas?

    Terima kasih. artikelnya sangat menarik mas. Salam

  • hasan marup

    Nov 13th

    bisa tidak membagikan status google+ ke jejaring lainnya

  • narawabah

    May 14th

    mantap

  • Eko santoso

    Jun 27th, 2012

    Bingung mas.

My Blog

Photography

Social Media

Campur Aduk